Senin, 07 Mei 2018

Faktor penyebab penyakit ternak


Faktor Penyebab Penyakit Ternak
Terdapat beberapa faktor penyebab yang menimbulkan penyakit pada ternak sapi potong,selain disebabkan oleh faktor genetik diantarnnya :
1. Faktor lingkunagn yang kotor
Lingkungan yang kotor menjadi salah satu faktor yang memacu timbulnya berbagai penyakit. Salah satu contohnya kandang yang dibiarkan kotor atau tidak dibersihkan. Kebersihan lingkungan kandang menjadi tanggung jawab peternak dan kewajiban peternak. Lingkungan kandang yang kotor membuat mikroorganisme yang bersifat parasit atau patogen berkembang biak dan akan berpengaruh pada kehidupan ternak sapi potong.
2. Faktor Mikroorganisme
Selain faktor lingkungan yang kotor ,ternak sapi potong bisa sakit disebabkan oleh mikroorganisme. Kadang-kadang keadaan lingkungannya bersih mikroorgnisme juga bisa datang menyerang karena terbawa oleh angin dari tempat lain.Mikroorganisme ini terdiri dari bakteri, virus, protozoa dan kapang yang semuanya dapat menimbulkan penyakit infeksi pada sapi. Penggunaan desinfektan, perlakuan pemanasan dan pengeringan cukup efektif untuk membunuh beberapa spesies bakteri. Membersihkan kotoran ternak yang lebih sering serta membersihkan dan mendesinfektan peralatan atau fasilitas dan sanitasi lainnya akan mencegah beberapa penyakit bakteri. Vaksinasi sangat penting dilakukan untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh spora bakteri. Pemberian antibiotik dan obat-obatan lain efektif untuk mengobati ternak yang terkena penyakit akibat bakteri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar